About Me

Selasa, Desember 20, 2011

Mambuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik

Presentasi dengan powerpoint telah menjadi standar yang banyak digunakan, entah itu di  instansi pemerintahan, universitas ataupun di sekolah-sekolah.


Nah, berikut ini adalah beberapa tips membuat presentasi Powerpoint yang baik sehingga presentasi anda nantinya bakal disukai dan diberi applaus oleh audience.


1. Mudah dibaca
Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca, jadi pergunakan huruf standar misal Arial atau Times New Roman. Selain itu pergunakan huruf yang cukup besar, jangan sampai Audience kesulitan membaca karena huruf yang anda pergunakan terlalu kecil.

2. Jumlah tulisan
Jumah tulisan pada setiap slide hatus dibatasi jangan sampai terlalu banyak tulisan pada satu slide, sehingga Audience mudah melihatnya.

3. Background yang sederhana
Perhatikan penggunaan background pada setiap slidenya, jangan jangan menggunakan background yang terlalu kontras sehinnga tulisan tidak bisa terbaca dengan jelas karena background yang anda gunakan terlalu kontras.

4. Gambar
Menggunakan gambar yang berkaitan dengan presentasi akan memperjelas presentasi yang sedang anda sampaikan.

5. Jangan terlalu banyak slide
Buatlah slide seefesien mungkin yang ditulis didalam slide hanyalah rangkumannya saja, untuk penjelaskanya lisan lebih baik.

6. Nyambung
Perlu diperhatikan dalam presentasi slide satu dengan slide lainya harus nyambung

7. Berbicara dengan jelas
Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. Sehingga audience bisa memahami presentasi yang anda sampaikan.  Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan, dengan kreativitas anda dan pembicaraan yang baik, anda bisa mengubah pandangan tersebut.

8. Beri kesempatan ubtuk bertanya
Kalau bisa, luangkan waktu untuk memberikan kesempatan kepada audience untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti dari presentasi yang anda sampaikan.


SALAM DAMAI


0 komentar: